• Kamis, 28 September 2023

Colomba di Pasqua: Simbol Kedamaian dalam Perayaan Paskah di Italia

- Minggu, 9 April 2023 | 13:15 WIB
Colomba di Pasqua, simbol kedamaian perayaan Paskah di Italia. (Ilustrasi/ Freepik)
Colomba di Pasqua, simbol kedamaian perayaan Paskah di Italia. (Ilustrasi/ Freepik)

PRONUSANTARA.COM - Colomba di Pasqua adalah kue tradisional Italia yang dikonsumsi selama perayaan Paskah.

Nama Colomba di Pasqua secara harfiah berarti "merpati Paskah" dan kue ini dibuat dengan bentuk merpati dan diberi hiasan almond slice yang menggambarkan sayap merpati.

Colomba di Pasqua sangat populer di Italia, dan menjadi salah satu kue khas selama perayaan Paskah bersama dengan kue panettone yang biasa dikonsumsi pada perayaan Natal.

Asal-usul Colomba di Pasqua berasal dari kisah legendaris di Italia pada abad ke-6 Masehi.

Kisah tersebut mengenai Santo Eustachius, seorang prajurit Romawi yang secara tidak sengaja menemukan dua burung merpati yang bertengger di atas pohon.

Merpati tersebut kemudian membimbingnya untuk menemukan mata air yang kemudian menjadi sumber air bagi pasukan yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, Santo Eustachius kemudian dijadikan pelindung bagi para tentara dan burung merpati dianggap sebagai simbol keselamatan.

Dalam perayaan Paskah, merpati dianggap sebagai simbol kebebasan dan kedamaian.

Colomba di Pasqua pertama kali dibuat pada tahun 1930 oleh seorang produsen kue terkenal asal Milan, Italia, bernama Motta.

Motta terinspirasi oleh kue tradisional lainnya seperti panettone dan pandoro yang menjadi sangat populer selama perayaan Natal.

Karena kepopuleran tersebut, Motta memutuskan untuk membuat kue yang sama dengan tema Paskah dan bentuk merpati.

Kue Colomba di Pasqua kemudian menjadi sangat populer di Italia dan menjadi salah satu kue paling populer selama perayaan Paskah.

Untuk membuat Colomba di Pasqua, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, ragi, gula, mentega, kuning telur, air, kulit jeruk, dan almond slice untuk hiasan.

Adonan kue dibuat dan dipanggang dengan bentuk merpati dan diberi hiasan almond slice untuk menggambarkan sayap merpati.

Halaman:

Editor: David Sumilat

Sumber: ChatGPT

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amalan di Bulan Muharram: Keutamaan dan Dalilnya

Selasa, 18 Juli 2023 | 21:40 WIB
X