Info BMKG Terkini: Gempa Bumi Dua Kali Guncang Garut Kekuatan 4.9 dan 5.3 Magnitudo Tadi Malam

- Minggu, 13 November 2022 | 07:15 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (David Sumilat)
Ilustrasi gempa bumi. (David Sumilat)

PRONUSANTARA.COM - Dua kali gempa bumi terkini tercatat berkekuatan 4.9 magnitudo dan 5.3 magnitudo mengguncang Garut dan sekitarnya, tadi malam.

Dalam rilis yang diterima, BMKG mencatat, gempa bumi yang mengguncang Garut itu terasa hingga ke Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Cianjur, Sukabumi dan wilayah Jawa Barat.

Menurut BMKG dalam keterangannya, menyebutkan gempa bumi terkini di Garut dan sekitarnya semalam, diakibatkan adanya pergerakan antara lempeng Eurasia.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, status gempa bumi terkini tersebut adalah tektonik dan tidak berpotensi Tsunami.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1," kata Daryono dalam rilisnya, Minggu 13 November 2022.

Keterangan juga menyebutkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,19° LS ; 107,35° BT.

Tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 60 km arah selatan Caringin, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 53 km.

BMKG juga menyebutkan, setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi berjenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia.

Gempa bumi tersebut dirasakan getarannya di beberapa wilayah Garut dan Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Halaman:

Editor: David Sumilat

Sumber: BMKG

Tags

Terkini

X